Kamis, 01 Maret 2018

Desain Pembelajaran PMRI Materi Luas Permukaan dan Volume Balok di Kelas VIII A Semester Genap MTs Negeri Lab UIN Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

Alamy.com
Noor Shofiyati
Guru Matematika MTs Negeri 9 Bantul, Wakil Sekjen Pergumapi

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk melaksanakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan lebih bermakna di kelas matematika dengan mengkontekskan pembelajaran dengan hal-hal dalam kehidupan real. Hal ini mengingat bahwa dalam dunia anak sesuatu yang kongkrit lebih mudah dipahami dibandingkan dengan sesuatu yang abstrak.

Desain dan implementasi pembelajaran melalui pendekatan PMRI dipilih karena pembelajaran tentang konsep kubus dan balok, dalam hal luas permukaan dan volumenya, akan lebih bermakna jika dilakukan dengan mengambil konteks dari hal-hal real dalam kehidupan sehari-hari. Desain Pembelajaran ini terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary design (analisis kurikulum, penentuan indikator dan tujuan pembelajaran), teaching experiment (penerapan desain pembelajaran) dan retrospective analysis (refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan).

Hasil dari pembelajaran ini adalah siswa lebih aktif melakukan aktivitas dalam pembelajaran, pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna.

Kata Kunci: Luas Permukaan, Volume, Balok, Pembelajaran Matematika Realistik

Download file lengkap

Diterbitkan pertama kali di Jurnal Pendidikan Madrasah Volume 2 Nomor 2 November 2015.

SHARE THIS

Author:

Akun administrator website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

0 komentar: