Sejarah Pergumapi


PERKUMPULAN Guru Madrasah Penulis atau Pergumapi digagas tahun 2016 dengan nama Asosiasi Guru Madrasah Penulis Indonesia atau Agumapi. Organisasi ini dideklarasikan 18 Mei 2017 di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. Deklarasi dihadiri beberapa guru penulis dari berbagai daerah di Indonesia.

Tanggal 8 Januari 2018, nama Asosiasi Guru Madrasah Penulis Indonesia berubah menjadi Perkumpulan Guru Madrasah Penulis atau Pergumapi. Perubahan nama ini terkait aturan nama perkumpulan yang berlaku di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Tanggal 9 Januari 2018, nama Pergumapi didaftarkan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dan diproses oleh Notaris Siti Hanifah yang berkedudukan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan perubahan nama ini, disepakati tanggal 8 Januari 2018 sebagai hari berdirinya Pergumapi.

Tanggal 23 Februari 2018, akta notaris tentang pendirian Pergumapi ditandatangani di Kantor Notaris Siti Hanifah, S.H. Penandatanganan dilakukan oleh Anita Isdarmini, Ahmad Arif Ma'ruf, Siska Yuniati, Noor Shofiyati, dan Septy Andari Putri sebagai pengawas dan perwakilan pengurus. Tanggal 26 Februari 2018 keterangan atas sekretariat Pergumapi di Kelurahan Trirenggo, Kecamatan Bantul, Kabupten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ditandatangani Lurah Desa Trirenggo, Munawar.

Tanggal 14 Mei 2018 Akta Notaris Perkumpulan Guru Madrasah Penulis dengan Nomor 015 ditandatangani dan dikeluarkan oleh Notaris Siti Nurhanifah, S.H. Sementara itu, Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU-0006654.AH.01.07.Tahun 2018 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Guru Madrasah Penulis ditandatangani dan dikeluarkan tanggal 15 Mei 2018. (*)

Lihat juga: Sekilas Pergumapi

0 komentar: