Melejit Terhimpit Covid

Mei 27, 2020
Rabu, 27 Mei 2020
Melejit saat terhimpit Covid.

Sri Saktiani
Anggota Perkumpulan Guru Madrasah Penulis

Pergumapi.or.id--Meskipun kondisi ekonomi sulit, harus tetap mampu berkelit supaya karya tetap melejit. Sebagai hamba yang beriman adanya pembalasan di hari akhir, harus optimalkan ikhtiar. Ikhtiar lahir batin wajib dilakukan. Sebagai guru, Kepala Madrasah, penulis bertekad menjadikan masa pandemi sebagai peluang berinovasi. Program utama dari Pemerintah Work From Home merupakan kegiatan yang bertujuan memutus mata rantai Covid – 19. Pemberlakuan WFH alias kerja dari rumah untuk beberapa sahabat guru dirasa menjemukan. Penulis selain guru juga mendapat amanah sebagai Kepala Madrasah mencermati kondisi, adakan kelas menulis. Tergagas mengajak semua menulis buku baik sahabat guru, santri dan wali santri.
 
Memasuki pekan kedua WFH diadakannya kelas menulis online, nyaris setiap hari menanggapi chat pribadi. Meski tidak berbayar, Penulis semangat melakukan motivasi pendampingan menulis. Sabtu pekan pertama, penulis data judul buku dan capaian jumlah halaman. Target capaian minimal yang harus dipenuhi adalah 40 halaman. Alhamdulillah semua antusias, beberapa memang ada yang belum sesuai yang ditargetkan. Bersyukur mayoritas guru semangat, apalagi sudah dibekali buku Cara SAKTI Hobi Nulis. Buku yang kata pengantarnya ditulis oleh founder Gerakan Literasi Indonesia, Satria Dharma ini, merupakan penyemangat dan pengingat bagi Penulis. Ijin dari beliau membuat buku panduan menulis yang terinpirasi dari materi di acara Gerakan Satu Guru Satu Buku.

Sejak tahun 2017, Penulis bersama suami mendirikan CV SAKTI PERMATAHATI IBU. Salah satu tujuannya menerbitkan buku karya santri, guru dan wali santri lebih mudah, cepat dengan biaya hemat. Di tahun berdirinya, baru ada beberapa sudah berISBN Komik SAKTI, Soyo Wani Tanpa Kanthi, MOTTKI SAKTI, permatahati IBU (Edisi Revisi), Cara SAKTI Hobi Nulis (Edisi Revisi), Cara SAKTI Ikhlas Tak Bertepi. Allah mudahkan jalan kita ketika meyakini bersama kesulitan ada kemudahan. Sejak bergabungnya di komunitas Tangan Di Atas (TDA), banyak ilmu yang didapat. Bagaimana memulai usaha dan berbagai pendampingan dalam mengembangkan usaha. Alhamdulillah Allah limpahkan rizki yang tak terukur. Penulis mendapat pendampingan bagaimana CV SAKTI PERMATAHATI IBU dalam 3 tahun terakhir merambat.

Bermodal Bismillah, Alhamdulillah penulis mendapat coaching gratis. Grup para pelaku bisnis menjadi sumber ilmu, bak duduk di majlis ilmu. Ilmu seru, banyak hal baru. Obsesi Penulis yang telah dicanangkan sejak lama, BALITA KAYA KARYA pun terusik kembali. Beliau tidak mau disapa coach cukup Pak Mo saja, begitu penjelasannya saat sesi pertama. Berurutan pertanyaan diajukan kepada Penulis. Apa nama usaha, bagaimana latar belakang berdirinya, visi misi, disusul pemberian tugas. Selain visi misi, bagaimana berproduksi, menjelaskan cara penentuan Harga Pokok Pembelian (HPP), menelusuri apa saja yang masuk fix atau variable cost.

Masih awam bagaimana mengawali percetakan yang menguntungkan. Bismillah bi idznillah, berharap suatu saat usaha ini jadi sumber pendapatan berkelanjutan. Tentu berupa karya yang barakah berlimpah kemanfaatan untuk umat. Sehingga tekad penulis beserta keluarga, sahabat guru, santri juga wali santri mampu hidup bebas dari riba menjadi nyata. Dosen Pembimbing, Pak Mo lebih suka memposisikan diri membersamai penulis di coaching bisnis. Pak Mo memberi motivasi, tugas-tugas yang harus penulis kerjakan dengan tuntas. Minggat rasa malas, harus ikhlas dan kerja cerdas. Tidak hanya dituangkan di awal pertemuan saja, ilmu dialirkan ikhlas tanpa batas.

Sesi tiga Penulis ditagih oleh Pak Mo, detail Bench Marking. Tidak hanya bagaimana berproduksi, tapi juga harus rinci apa langkah promosi. Penulis diminta mengurai pembagian tugas tim penerbitan, dan rincian jadual marketing bahkan detail target produksi buku. Tak ada yang terlewat. Masya Allah, Allah telah mengirim Pak Mo yang saat berkehendak tak mampu Penulis menolak. Semua pertanyaan dari penulis pun ditanggapi. Dari banyak coaching yang diikuti penulis, free class dosen Pak Mo tak mampu terbayar. Pak Mo sampaikan kepada penulis beliau memang tak mau dibayar, inilah kekhasan TDA sinergi, semangat berbagi memajukan anak negeri. Membersamai penulis, memastikan semua telah penulis presentasikan bertahap pasti terealisasikan. Hanya satu cara berterima kasih pada Tim TDA, khususnya Pak Mo bersungguh-sungguh mengamalkan ilmu yang telah diperoleh. From Zero to Hero suatu saat Penulis pun yakin Allah mudahkan menepati janji membalas budi, dengan ganti membimbing pemula seperti posisi saat ini.

Insya Allah 20 Mei 2020 akan diterbitkan oleh CV SAKTI PERMATA HATI IBU 200 buku. Tak ada alasan untuk menyerah untuk mengambil hikmah dari adanya wabah. Alhamdulillah mulai diproses satu persatu buku dan komik yang bersumber dari semua liputan. Keseluruhan laporan kegiatan WFH secara online dari santri, wali santri dan sahabat guru jadi bukti melejit disaat dihimpit kondisi sulit. Masya Allah semoga Allah ridha. (*)

Catatan:
Tulisan ini disertakan dalam Lomba Artikel Pergumapi 2020. Panitia tidak melakukan penyuntingan, isi sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Thanks for reading Melejit Terhimpit Covid | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

67 komentar on Melejit Terhimpit Covid

  1. Alhamdulillah tetap semangat 👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin,Insya Allah.Mohon do'a pangestunipun

      Hapus
    2. Selamat dan sukses... hebat bu sakti

      Hapus
    3. Masya Allah

      Jazakumullah khairan supportnya

      Hapus
  2. Balasan
    1. Jazakallah khairan supportnya Coach Yogik

      Hapus
  3. Alhamdulillah, selalu barakah, sesuatu yang sangat baik dan perlu ditiru. Sungguh suatu realitas proses pembelajaran yang perlu ditiru bagi semua kalangan dari bentuk usaha, perjuangan, pengorbanan, langkah strategis nyata dipaparkan secara jelas. Patut ditularkan, mohon dampingan dan ingin maju juga🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bersahabat dengan sosok seperti Bu Lilik jadi ketularan smangat menjadikan sisa usia barakah manfaat utk umat,berharap wafat kita husnul khatimah

      Hapus
  4. Sangat menginspirasi. Semoga semakin sukses, Bunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.Alhamdulillah Mbak Sukarti dampak positif gabung PERGUMAPI.Semua anggota ikhlas berbagi ilmu dan saling menyemangati,barakallah

      Hapus
  5. Alhamdulillah sangat Inspiratif, kalimatnya mengalir, seperti memiliki ruh, karena yang dibagikan bersandar pengalaman hidup penulis, insyaAlloh akan menjadi bahan bakar produktifitas dan kreatifitas para pembaca untuk bisa menghadirkan buah tulisan yg semisal atau bahkan lebih baik, semoga tak berhenti dlm jarya dan amal, untuk kelak , karya2 yang bermanfaat bu Sakti menjadi pembela2 terbaik di persidangan mahsyar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin,dampak menyimak buah pena Ustadz Hatta dari masa ke masa.Jazakallah khairan.Bismillah smoga saya ketularan mampu istiqamah fastabiqul khairat minimal lewat warisan berupa tulisan Aamiin

      Hapus
  6. Dwi hari cahyono1 Juni 2020 00.17

    Tetap semangat terus dan jangan pernah lelah dalam hal kebaikan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah,Aamiin.Berharap selalu dukungan do'a pangestu dan bimbingannya nggih Sahabat Dwi Hari Cahyono

      Hapus
    2. Insya Allah,Aamiin.Berharap selalu dukungan do'a pangestu dan bimbingannya nggih Sahabat Dwi Hari Cahyono

      Hapus
  7. Menginspirasi.. .bu sakti. . Mau belajar nulis juga ah.. Sukses ya bu. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin,jazakillah khairan Mbak Eka Nirmayanti selalu menginspirasi dan menyemangati,barakallah

      Hapus
  8. Mantap, Semoga tetap Konsisten Menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin,jazakallah khairan Pak Hadi Laksono.
      Teriring do'a yang sama,barakallah

      Hapus
  9. Balasan
    1. Jazakallah khairan supportnya, sukses selalu juga Coach Naim

      Hapus
  10. Balasan
    1. Saling menyemangati, jazakumullah khairan

      Hapus
  11. Semangat untuk selalu berkarya bu sakti

    BalasHapus
  12. Lanjutkan bu sakti ...
    Teruslah berbagi ilmu melalui buku-buku yang baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah
      Mohon do'a dan ditunggu buku keduanya Bu Laila ya
      Jazakillah khairan supportnya

      Hapus
  13. Semangat terus berkarya bu sakti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tansah nyuwun do'a pangestunipun
      Jazakumullah khairan support ipun

      Hapus
  14. Balasan
    1. Ayo Bu Rika, bukunya buah hati Mas Rama sgera kita ISBN kan.Batita punya karya,barakallah Aamiin

      Hapus
  15. Balasan
    1. Jazakillah khairan Bu Kurnia,buku ketiganya ayo sgeraa

      Hapus
  16. Alhamdulillah, tetap semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, Aamiin
      teriring do'a yang sama kagem Bu Ita

      Hapus
  17. Balasan
    1. Jazakillah khairan,Insya Allah bermanfaat
      Kami tunggu kiriman karyanya

      Hapus
  18. Sangat menginspirasi,... Setelah membaca kepingin ikut juga menulis seperti Bu Sakti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, monggoo dengan senang hati siap bantu menerbitkan

      Hapus
  19. Balasan
    1. Aamiin
      Smoga Bu Siti Maidah sukses selalu, ditunggu judul buku baru keduanya ya

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Semangat Bu Sakti, barakah dan manfaat ilmu menulis nya

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Luar biasa,,,semangat kep,,lanjutkan

    BalasHapus
  25. Jadi pingin menerbitkan buku lagi

    BalasHapus
  26. Jadi pingin menulis lagi

    BalasHapus
  27. Tetap semangat Bu Sakti��

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah... Mendapat ilmu menulis dari Bu Sakti

    BalasHapus
  29. Balasan
    1. Alhamdulillah
      Barakallah

      Jazakillah khairan selalu menyemangati

      Hapus
  30. Alhamdulillah jadi punya 2 buku,trima kasih smangatnya nular

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah
      Barakallah, kami tunggu buku ketiganya Bu Desy

      Hapus
  31. Shela Widhya25 Juni 2020 19.52

    MasyaAllah selalu menginspirasi, semoga niat baik selalu dimudahkan,semoga berkah dan bermanfaat ibu �� Bismillah,man Jadda wa Jadda ��

    BalasHapus
  32. Work from home yg produktif. Cara tepat memanfaatkan waktu.. Tetap smangat ibu.. Terus jd inspirasi sy

    BalasHapus
  33. Maa syaaa Allaah... luar biasa Ustadzah smg memberi keberkahan kpd SEMUANYA...
    Aamiin...3x Yaa Rabbal 'Aalamiin...

    BalasHapus
  34. Ida Riyanawati26 Juni 2020 20.57

    Alhamdulillah bermanfaat semoga barokhah ...Aamiin ..YRA

    BalasHapus
  35. Sebuah pergerakan Selalu melewati liku-liku...
    Tanpa mau bergerak berarti ketiada-gunaan sebagai pilihan...
    Salam Budaya Lukis Tusuk Gigi T-WooL

    BalasHapus