Kuliah Daring Pergumapi, Arif Ma’ruf Sampaikan Strategi Jitu Karya Ilmiah

Januari 19, 2021
Selasa, 19 Januari 2021

Pergumapi.or.id–Karya ilmiah merupakan sesuatu yang sangat trend dalam dunia literasi karena memerlukan persiapan, pelaksanaan penelitian atau pengamatan serta kajian literasi tingkat tinggi. Hal inilah yang menjadikan kegiatan tertulis satu ini terkesan sangat sulit untuk dilakukan oleh siapapun. Di dunia pendidikan, jenis kegiatan karya ilmiah menjadi bagian dari mata pelajaran Bahasa Indonesia sekaligus menjadi bagian dari ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR). Masalahnya sekarang adalah bagaimana membiasakan siswa bahkan guru untuk familier dengan karya tulis ini dan harapannya bisa berprestasi dalam kompetisi.

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis Indonesia (Pergumapi) sebagai salah satu pemerhati terhadap karya literasi guru dan siswa merasa terpanggil untuk menyelenggarakan pengembangan diri dalam karya ilmiah. Melanjutkan kegiatan bidang diklat, pada Ahad (17/1/2021) Pergumapi menyelenggarakan kuliah daring (dalam jaringan) yang merupakan kegiatan utama organisasi profesi ini melalui dunia maya. Koordinator bidang Diklat Ruba Nurzaman mensetting kuliah daring yang biasanya via whatsapp grup kali ini menggunakan media zoom meeting.

Nara sumber yang ditampilkan adalah praktisi karya ilmiah yang juga menjabat pembina Pergumapi Drs. Ahmad Arif Ma’ruf, MA, M.Si. Guru MAN 2 Sleman yang juga menjabat anggota Badan Akreditasi Nasional (BAN). Arif dikenal sebagai guru pembimbing karya ilmiah siswa yang selalu menghasilkan sang juara di beberapa madrasah yang menjadi tempat tugasnya, bahkan terakhir mampu membimbing siswa tuna netra menjadi juara nasional dan internasional.  Dihantarkan moderator Dra. Rr. Ayu Dewi Widowati, Arif memberikan strategi jitu dalam membimbing karya ilmiah sehingga menghasilkan sang juara.

Sementara itu menanggapi kegiatan kuliah daring ini, Ketua Umum Pergumapi Siska Yuniati, S.Pd, M.Pd. mengaku senang dengan kegiatan dari seorang praktisi ini dan berharap bisa menambah motivasi bagi guru termsuk dalam membimbing siswa menghasilkan karya tulis ilmiah. “Sesuatu yang menarik dari Pak Arif adalah kemampuan beliau dalam menyederhanakan masalah penulisan serta pembimbingan karya tulis siswa,” tutur Siska. Penjelasan Siska dibuktikan dengan pertanyaan peserta yang mengarah pada trik-trik membimbing siswa menjadi juara. (edp)

Thanks for reading Kuliah Daring Pergumapi, Arif Ma’ruf Sampaikan Strategi Jitu Karya Ilmiah | Tags:

Latest
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Kuliah Daring Pergumapi, Arif Ma’ruf Sampaikan Strategi Jitu Karya Ilmiah

Posting Komentar