Resensi: Bacaan Sehat untuk Anak

Mei 08, 2019
Rabu, 08 Mei 2019

Oleh Yeti Islamawati
Anggota Pergumapi, Guru MTs. Negeri 9 Bantul 

Judul: Bekal Istimewa Bunda
Penulis: M. Naufal dkk.
Penerbit: DAR! Mizan
Cetakan: I,Oktober 2018
Tebal: 88 Halaman
ISBN: 978-602-420-697-0

Buku Bekal Istimewa Bunda dapat dijadikan salah satu bacaan yang sehat bagi anak-anak. Bercerita tentang nilai-nilai yang dapat dicontoh oleh anak-anak. Salah satunya membiasakan anak membawa bekal ke sekolah. Dengan membawa bekal ke sekolah, kebersihan dan kesehatan makanan dan minuman lebih terjamin.

Tentu saja, bekal yang dibawa sesuai kemampuan orang tua. Iqbal, tokoh dalam cerita sangat menginginkan bekal ayam goreng, tetapi Ibu belum bisa memenuhi. Sebagai ganti, Ibu menyiapkan semur tahu. Walaupun kecewa, Iqbal tetap berterima kasih pada Ibu yang telah mengupayakan. Bagaimanapun, seorang Ibu pasti berusaha membahagakan anaknya.

Nilai kebaikan lain yaitu pentingnya usaha. Karena yang namanya hasil tak akan pernah mengkhianati kerja keras. Tokoh Hafsah berusaha mengirimkan tulisan ke penerbit, hingga kiriman yang kesebelas selalu ditolak. Apa yang akan dilakukan tokohnya? Apakah menyerah? Ternyata tidak, ia belajar dari kegagalan. Ia meminta bantuan kakanya untuk mengajari bagaimana memperbaiki ejaan sebuah tulisan.

Ada juga cerita kerja sama dengan ibu dalam membasmi tikus. Anak diminta memilah mainan yang sudah tidak dipakai untuk disumbangkan. Dengan menjaga kebersihan, tikus enggan datang lagi. Cara lain dengan membuang sampah pada tempatnya.

Pada salah satau cerita berjudul “Adikku Syifa” bercerita tentang bagaimana seorang kakak menyayangi adik. Sang kakak mengajak bermain sepatu roda bersama. Ketika adik sakit, kakak menemani dan menyuapi makan.

Ada juga cerita agar anak tak mudah takut akan sesuatu hal yang belum jelas. Misalnya misteri sebuah rumah kosong. Suatu hari ada suara anak menangis di rumah kosong, ternyata memang ada anak gelandangan yang ditinggal oleh orang tuanya.

Cerita sehari-hari dalam buku ini benar-benar dapat diterapkan dengan mudah oleh anak-anak. Harapannya anak-anak Indonesia mempunya akhlakul karimah.

Penerbit DAR Mizan yang telah menerbitkan buku Kecil Kecil Punya Karya patut diapresiasi. Anak dapat membaca buku yang ditulis oleh anak-anak dan khas dunia anak-anak. Sangat direkomendasikan untuk anak-anak, guru, maupun orang tua. (*)

Thanks for reading Resensi: Bacaan Sehat untuk Anak | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Resensi: Bacaan Sehat untuk Anak

Posting Komentar