Jumat, 09 Maret 2018

Strategi Najmah, Sebuah Buku tentang Kisah Sukses Memimpin Madrasah

Judul: Strategi Najmah, Seni Membangun Madrasah 
Penulis: Dr. Najmah, M.Pd.
Penerbit: MATSNUEPA
ISBN: 9786027344303

MTs NU Pakis bukanlah apa-apa di tahun 1997. Bahkan, siswanya banyak yang tidak lulus Ujian Nasional. Di saat tidak ada apa-apanya itulah Najmah mendapat amanah menjadi kepala madrasah.

Menangis, itulah reaksi Najmah ketika itu. Tiga bulan menangis, akhirnya Najmah bangkit dan berusaha menerima kenyataan bahwa dirinya sekarang kepala madrasah. Beban besar sedang ditanggungnya, dunia-akhirat.

Najmah pun mulai meniti kariernya sebagai kepala madrasah. Segala sesuatu dicermati, banyak hal harus dibenahi, dikembangkan, bahkan diganti. Episode pengorbanan pun dilaluinya dengan demikian heroik.

Tidak hanya harus mengatur siswa, guru, Najmah juga harus berjuang menyelesaikan permasalahan keuangan dan sarana prasarana. Sekolah kecil dengan jumlah siswa tak seberapa, mau hidup dari mana?


Di sinilah ujian Najmah. Membaca buku ini Anda akan mengerti bahwa menjadi kepala madrasah tak kalah heroiknya dengan memimpin satuan tempur, menjadi kepala madrasah tak kalah menantangnya dari tugas seorang "adipati', harus menggali sumber-sumber keuangan, mengelolanya, tak jarang harus utang karenanya.

Najmah lulus. Madrasahnya sekarang punya target 100 prestasi per tahun, guru-gurunya pun berdedikasi tinggi, dirinya sendiri bahkan menjadi kepala madrasah berprestasi tingkat nasional tahun 2012. Di tengah perjuangan itu pula, di tahun2017, Najmah berhasil meraih gelar doktor dari Universitas Negeri Malang. Selamat membaca!

Siska Yuniati
Ketua Umum Pergumapi, Guru MTs Negeri 3 Bantul

SHARE THIS

Author:

Akun administrator website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

0 komentar: