Jumat, 09 Maret 2018

Buku: Mengubah Wajah Sekolah dari Menyeramkan, menjadi Menyenangkan


Judul: Mengubah Wajah Sekolah dari Menyeramkan, jadi Menyenangkan
Penulis: Ruba Nurzaman
Penerbit: Cipta Media Edukasi
Cetakan: Cetakan Pertama, Agustus 2017
Ukuran: 188 hlm, 14,8 x 21 cm
ISBN:  978-602-5429-60-6

MENGUBAH wajah sekolah dari menyeramkan jadi menyenangkan merupakan harapan dan upaya yang sedang dilakukan penulis dalam mewujudkan sekolah yang berkualitas dan menyenangkan bagi semua stakeholder yang ada di lingkungan sekolah/madrasah yang sampai saat ini belum bisa diwujudkan dengan baik.

Buku yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis ini diawali dengan gambaran yang kurang menyenangkan penulis pada saat menjadi siswa dan menjadi guru. Dalam buku ini penulis menyampaikan beberapa upaya yang bisa dilakukan oleh guru dan sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan tanpa membuat siswa dan guru merasa tertekan, malah sebaliknya menjadikan siswa dan guru merasa nyaman dan menyenangkan dalam aktivitas kegiatan belajar mengajar. Tips-tips yang dituangkan oleh penulis, merupakan  pengalaman penulis dalam mengembangkan pendidikan di MTs Al-Mukhtariyah Rajamandala Kabupaten Bandung Barat dikombinasikan dengan pengalaman sekolah lainnya.

Konsep-konsep pengelolaan pendidikan yang dibuat oleh penulis menggunakan konsep pendidikan yang out of the box. Penulis berusaha keluar dari beberapa kebiasaan guru dan sekolah pada umumnya agar bisa membuat siswa merasa senang dan nyaman berada di sekolah. misalnya dengan mengganti ulangan tengah semester (UTS) dengan tugas proyek berbasis produk. Sehingga akan terlihat pemahaman dan kemampuan siswa terhadap suatu materi tidak hanya aspek kognitifnya saja yang terlihat. Aspek afektif dan psikomotor siswapun akan muncul.

Ruba Nurzaman, Guru IPA MTs Al-Mukhtariyah Rajamandala Kab. Bandung Barat, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi), serta Konsultan Sekolah Literasi Indonesia Dompet Dhuafa.

SHARE THIS

Author:

Akun resmi pengelola website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

0 komentar: