Sabtu, 03 Maret 2018

Pergumapi Gelar Kuliah Daring Nasional Menulis Puisi

Ahmad Arif Ma'ruf. Foto: Arief-jogja.com
YOGYAKARTA, Pergumapi.or.id—Guru-guru madrasah yang tergabung dalam Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi) kembali akan menggelar kuliah dalam jaringan (daring) Sabtu (3/3). Kali ini tema yang diangkat adalah "Tips Menulis Puisi" dengan pemateri Ahmad Arief Ma'ruf.

Kuliah daring akan digelar di grup WhatsApp Pergumapi pukul 19.30-21.30 WIB. Kuliah daring ini dapat diikuti secara gratis bagi anggota Pergumapi.

Ketua Pergumapi, Siska Yuniati, mengungkapkan bahwa kuliah daring merupakan program dwimingguan yang diselenggarakan Bidang Pendidiakan dan Latihan Pergumapi.

"Dua minggu sekali Bidang Diklat Pergumapi menyelenggarakan kuliah daring. Nanti malam adalah kuliah daring keempat sejak Agumapi berubah nama menjadi Pergumapi karena mengikuti aturan penamaan organisasi yang berlaku di Kementerian Hukum dan HAM RI," jelas Siska.

Siska juga mengungkapkan bahwa adanya kuliah daring dalam rangka memfasilitasi anggota untuk berbagi dan belajar. Anggota yang memiliki keterampilan khusus atau pengalaman dalam bidang penulisan diminta menjadi narasumber. Kegiatan itu bisa diikuti secara gratis dari kediaman anggota di berbagai daerah di Indonesia. Jadi, lebih hemat biaya dan waktu.

Kendati dilakukan secara daring, Siska menegaskan bahwa kualitas penyelenggaraannya tidak kalah dengan seminar tatap muka. Acara diawali dengan pemaparan materi dari moderator diikuti sesi tanya jawab. Kegiatan dipandu oleh seorang moderator yang juga berasal dari anggota. Pada kuliah tentang menulis puisi ini, langsung dimoderatori Sekretaris Bidang Diklat Pergumapi, Edy Purwanto.

Untuk pemateri, menurut guru MTs Negeri 3 Bantul itu, jika diperlukan bisa juga mendatangkan dari luar. Organisasi ini tercatat pernah mendatangkan penulis teenlit Gramedia dan seorang rektor untuk mengisi kuliah daring bagi anggotanya.

Ahmad Arif Ma'aruf yang didapuk sebagai pemateri adalah guru bahasa Indonesia dan Kepala Perpusakaan MAN 4 Bantul. Selain itu, Arif, demikian dia biasa dipanggil, dikenal pula sebagai Wakil Ketua Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah Daerah Istimewa Yogyakarta serta salah satu pengawas Pergumapi.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Bidang Diklat Pergumapi, Ruba Nurzaman mengungkapkan, pemilihan Ahmad Arif Ma'ruf sebagai pemateri dengan petimbangan bahwa Arif memang memiliki pengalaman dalam bidang menulis puisi. Selain itu, yang bersangkutan juga merupakan guru bahasa Indonesia dan beberapa kali memenangkan kompetisi menulis tingkat nasional.

Masih menurut Ruba, diselenggarakannya kuliah daring dengan tema "tips menulis puisi" ini juga terkait dengan kegiatan penerbitan antologi puisi bersama yang diselenggarakan Bidang Penulisan Sastra Pergumapi.

"Bidang Penulisan Sastra sedang menyelenggarakan penerbitan antologi puisi "perempuan" yang rencananya akan dilaunching bertepatan dengan Hari Kartini nanti. Jadi, kami mendukung itu, agar anggota yang masih belum menyelesaikan karyanya bisa segera menulis," ungkap Ruba yang merupakan Guru MTs Al-Mukhtariyah Rajamandala Bandung Barat dan mantan fasilitator MBS USAID Prioritas itu. (Humas/RH)

SHARE THIS

Author:

Akun administrator website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

0 komentar: