Rabu, 28 Februari 2018

Teladan dan Nasihat Ibu untuk Kebahagiaan Anaknya

Judul buku: Kegetiran dan Nasihat Ibu Menjadikan Kita Sukses dan Bahagia
Penulis: Dr. Bambang Marsono, M.B.A.
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun terbit: 2011
Jumlah halaman: xi + 238

SAAT seorang ibu melahirkan anaknya, rasa sakit yang luar biasa pun terbayar sudah. Hanya rasa syukur dan bahagia senantiasa menghiasi rona wajahnya. Detik demi detik, waktu demi waktu dilaluinya dengan segala perasaannya. Meski lelah, capai, mengantuk, dan bahkan kadang merasa sakit. Ibu tetap merawat anaknya dengan penuh kasih sayang hingga anaknya tumbuh dewasa.

Sampai anak-anaknya dewasa pun seorang ibu kadang masih mengkhawatirkan kondisi anaknya, Ibu merasa belum cukup memberi bekal pada anaknya, oleh karena itu seorang ibu sering memberikan nasihat-nasihatnya kepada anaknya.

Seperti yang dirasakan dan dipaparkan oleh penulis buku ini, beliau mengenang kepribadian anggun, kepemimpinan, keteladanan dan keindahan yang ada pada ibunya. Buku ini sarat dengan nasihat yang bisa kita teladani dan kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Apalagi di era global seperti saat ini banyak norma sopan santun yang mulai memudar, banyak anak yang tidak bisa / tidak terbiasa menghormati ibunya atau orang yang lebih tua dan juga gurunya.
Dalam buku ini dipaparkan  sosok seorang ibu ideal yang meskipun tidak berpendidikan tinggi, namun memiliki kecerdasan yang luar biasa, berkepribadian kuat, terampil, lembut,  sopan santun, tanggap dan trengginas. Seorang ibu yang selalu menjadi sumber inspirasi putra-putrinya, yang mampu memberikan rasa aman, mengayomi dan menenteramkan.

Nasihat-nasihat yang dipaparkan dalam buku ini sangat menarik untuk disimak, meskipun disampaikan dengan ungkapan dalam bahasa Jawa, namun sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, sehingga memudahkan kita untuk memahaminya.

Nasihat yang tertulis dalam buku ini sangat mendetail, mulai dari nasihat saat masih kecil dengan segala kondisi dan keadaan yang dialaminya, kepribadian anak perempuan/ laki-laki yang baik, nasihat bagi anak-anak agar masa depannya cerah, serta kepribadian seorang pegawai, pemimpin dan penguasa.

Nasihat ibu disampaikan dengan sederhana, simpel, dan mudah dipahami bagi pembaca . Meskipun masih ada kekurangan di sana-sini antara lain tidak adanya penomoran (numbering) dan kadang masih adanya pengulangan artikel, namun buku ini layak dibaca . Sangat disayangkan kalau tidak membaca buku ini karena sarat dengan filosofi kehidupan yang kita hadapi sehari-hari. Banyak nasihat/teladan yang bisa kita ambil hikmahnya dari buku ini dan akan menempa kita menjadi pribadi yang unggul dan tangguh. Selamat membaca!

Ayu Dewi Widowati
Guru MTs Negeri II Yogyakarta, Redaktur Majalah Candra, dan Anggota Pergumapi.

SHARE THIS

Author:

Akun resmi pengelola website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

1 komentar: