Sabtu, 22 Desember 2018

Pergumapi Akan Gelar Lomba Esai Best Practice Pembelajaran di Madrasah

Siska Yuniati/Wikimedia Commons
Yogyakarta--Pergumapi akan gelar lomba best practice pembelajaran di madrasah untuk guru, kepala, dan pengawas madrasah di Indonesia. Demikian disampaikan Ketua Umum Pergumapi, Siska Yuniati. Menurut Siska, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memeriakan ulang tahun organisasi yang beranggotan guru, kepala, dan pengawas madrasah di Indonesia itu.

"Tanggal 8 Januari yang akan datang, Pergumapi genap 1 tahun terhitung sejak pemesanan nama Ke Kementerian Hukum dan HAM RI. Untuk menyambutnya, kami menyelenggarakan beberapa kegiatan, di antaranya lomba esai tentang best practice pebelajaran di madrasah dan menulis antologi cerpen bersama. Karya esai yang dilombakan itu nantinya juga ditargetkan untuk dijadikan buku," papar Siska.

Guru MTs Negeri 3 Bantul itu meyakini, banyak praktik pembelajaran menarik yang dilakukan guru-guru madrasah. Siska merasa, hal tersebut perlu didokumentasikan dalam bentuk tulisan sehingga nanti bisa menjadi bahan belajar calon guru atau guru-guru lain.

"Tentu sangat menarik jika di Indonesia banyak tersedia buku-buku yang berisi pengalaman mengajar guru-guru. Ini bisa dijadikan bahan belajar tidak hanya bagi mereka yang bersiap untuk menjadi guru, melainkan bagi mereka yang sudah menjadi guru," jelas Siska.

Sika melanjutkan, disertakannya kepala madrasah dan pengawas dalam kegiatan ini karena mereka juga pernah menjadi guru dan biasanya merupakan guru berprestasi sehingga pengalamannya selama mengajar juga patut untuk dijadikan bahan belajar. Oleh karena itu, dalam akta pendirian Pergumapi, dicantumkan secara jelas bahwa selain guru, kepala dan pengawas madrasah juga bisa menjadi anggota biasa.

Masih menurut Siska, kompetisi menulis dijadwalkan akan diselenggarakan pada bulan Januari 2018. Saat ini, aturan teknis perlombaan sedang dipersiapkan oleh Ketua dan Sekretaris Bidang Penulisan Buku Pergumapi, Sarifudin dan Bambang Sukarnoto. (*)

SHARE THIS

Author:

Akun resmi pengelola website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

0 komentar: