Rabu, 18 Juli 2018

Tujuh Pengurus Pergumapi Asal DIY Lakukan Audiensi ke Kantor Kemenag Republik Indonesia

Pengurus Pergumapi bersama pejabat Direktorat GTK Madrasah
DIY (Pergumapi)--Perkumpulan Guru Madrasah Penulis adalah sebuah organisasi yang bergerak pada bidang peningkatan kemampuan berliterasi di kalangan guru khusunya, dan masyarakat akademisipada umumnya. Sebagai sebuah organisasi yang lahir dengan usianya yang masih dipandang muda, maka perlu sebuah dukungan dari organisasi induk dalam upaya pengembangan lebih lanjut.

Dengan mendasarkan pada latar belakang tersebut, tujuh pengurus Pergumapi asal DIY turut serta membersamai pengurus lain yang berasal dari seluruh Indonesia dalam melakukan audiensi ke Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia.Audiensi dilakukan pada Rabu (12/7) dan diawali dengan pemaparan singkat profil Pergumapi lengkap dengan susunan pengurus oleh Siska Yuniati selaku Ketua Umum Pergumapi di hadapan tiga pejabat GTK. Dalam paparannya disebutkan bahwa tujuan utama dihadirkannya seluruh pengurus ke Kantor Kemenag RI selain bersilaturahmi adalah memohon doa restu dan dukungan terhadap keberlangsungan organisasi agar terjalin kerja sama yang saling bersinergi di antara keduanya.Selain bersemuka dengan pejabat GTK, pengurus juga berkunjung ke KSKK, Subdit Kesiswaan, dan Humas. Kedatangan pengurus disambut secara hangat oleh pejabat Kemenag RI.

"Pergumapi adalah sebuah organisasi yang sangat strategis dalam menghimpun para guru yang gemar menulis dan mewadahi guru yang berkeinginan untuk menulis. Karenanya, kehadiran Pergumapi di kancah pendidikan, khususnya di Kementerian Agama adalah angin segar bagi peningkatan kualitas serta profesionalitas para guru," ungkap Iman Sayogya, Faizah dan Syahrul Shobirin selaku kasi tenaga kependidikan MA/MAK, Kasi guru MA/MAK, dan Kasi Guru MI/MTs. Oleh karena itu, Subdit GTK sangat mengapresiasi dan mendukung keberadaan organisasi tersebut.

Para guru asal DIY yang merupakan pengurus Pergumapi tersebut terdiri atas Pujarsono (Guru Bahasa Indonesia MAN 2 Kulonprogo selaku Ketua Bidang Humas), Nur Hasanah Rahmawati (Guru Bahasa Inggris selaku Ketua Penerbitan Bahan Ajar), Noor Shofiati (Guru Matematika MTs Negeri 9 Bantul selaku Sekjend Pergumapi), Rina Harwati (Guru Bahasa Indonesia MTs Negeri 7 Bantul selaku sekretaris bidang Humas), Septy Andari Putri (Guru Bahasa Indonesia MTs Negeri 3 Kulonprogo selaku Bendahara Umum), R.R. Siti Murdaning Setyastutik (Guru Bahasa Arab MTs Negeri 1 Kulonprogo selaku sekretaris bidang Pengabdian Masyarakat), dan Siska Yuniati (Guru Bahasa Indonesia MTs Negeri 3 Bantul selaku Ketua Umum Pergumapi.

Pujarsono, Ketua Bidang Humas menuturkan bahwa sejauh ini memang bisa dibilang sudah lumayan banyak kegiatan yang telah digagas dan diwujudkan oleh Pergumapi dalam bidang litetasi di antaranya Kuliah Daring (dalam jaringan), penerbitan buku antologi pengalaman "Merah Putih Sertifikasi Guru", juga beberapa pelatihan untuk meningkatkan kemampuan literasi. Meski demikian, agar organisasi dapat terus eksis dan berkembang maka perlunya dukungan dari instandi vertikal di atasnya, agar kepentingan para anggota terkait literasi dapat terakomodasi dengan baik. (Rin)

SHARE THIS

Author:

Akun resmi pengelola website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

1 komentar: