Kamis, 19 Juli 2018

Kuasai IT, Oleh-Oleh Pergumapi Saat Audiensi ke GTK Madrasah

 Foto Pergumapi saat Audiensi ke GTK Madrasah
Jakarta, Pergumapi.or.id--Gaung literasi kini semakin menggema di persada bumi nusantara. Para penggiat literasi tiada henti berupaya melakukan berbagai hal agar semangat ini tidak pernah padam. Harapan hadirnya  berbagai karya sastra berkualitas menjadi dambaan para penikmat buku, tanpa kecuali para guru madrasah yang tergabung dalam Pergumapi (Perkumpulan Guru Madrasah Penulis).

Sebagai organisasi yang mewadahi para guru madrasah yang concern menulis, Pergumapi telah banyak berkiprah di dunia kepenulisan. Berbagai program pun telah dilaksanakan seperti: adanya kuliah daring, workshop, seminar, serta kunjungan ke instansi yang menaungi guru madrasah (baca: kemenag).

Ketua Umum Pergumapi, Siska Yuniati menyampaikan bahwa audiensi ini penting untuk dilakukan karena dapat dijadikan sebagai media memperkenalkan Pergumapi kepada Kementerian Agama, khususnya, sebagai lembaga yang menaungi guru madrasah. Dan juga  memperkenalkan Pergumapi kepada khalayak. Hal ini mengingat bahwa Pergumapi merupakan organisasi yang tergolong muda.

Kunjungan dilakukan pada Rabu (11/7) dengan peserta para pengurus pusat Pergumapi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Pihak GTK Madrasah yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Kasi Bina Guru MA, Faizah, Kasi Bina Kependidikan MA, Imam Sayogyo, serta Kasi Bina Tendik MI dan MTs, Syahrul Shobirin menyambut hangat kunjungan Pergumapi ini. Dikatakan oleh Faizah bahwa sebagai pendidik guru harus dapat menulis. Dengan menulis guru dapat menyampaikan ide-ide kepada siswa khususnya, maupun kepada publik pada umumnya.

Pada kesempatan sebelumnya Kasubdit Kesiswaan, Abdullah Faqih menyarankan agar selain concern pada literasi maka orang-orang Pergumapi juga perlu mendalami IT. Hal ini penting karena sebagai organisasi yang berdiri di era disrupsi maka IT menjadi salah satu pendukung utama tetap eksisnya organisasi tersebut.

Selain itu Faqih juga berharap agar Pergumapi memiliki karya berupa buku mata pelajaran umum yang terintegrasi dengan mata pelajaran agama. Adanya integrasi buku mapel umum dengan agama Islam harapannya kelak lulusan madrasah tidak hanya menguasai ilmu umum tetapi juga mampu mengintegrasikannya dengan ajaran Islam. Karena pada dasarnya semua ilmu yang ada itu bersumber dari Al Quran. Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi Pergumapi, mampukah mewujudkannya? (Sof)

SHARE THIS

Author:

Akun resmi pengelola website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

0 komentar: