Senin, 02 April 2018

Dua Srikandi Pergumapi Tunjukkan Prestasi ASN Berbudaya Kerja

Dari kanan: Kholif Diniawati, Isti Bandini, Sufiyati, dan Joko Purwanto.
Bantul, Pergumapi.or.id--Kementerian Agama Republik Indonesia melalui madrasah dari waktu ke waktu makin menunjukkan prestasi, mulai dari siswa, guru sampai pegawai dari jenjang MI, MTs, hingga MA, baik negeri maupun swasta. Semangat berprestasi itu semakin dipertajam dengan slogan baru "madrasah hebat bermartabat" mampu memicu fastabiqqul khoirot antarmadrasah maupun persaingan dengan sekolah umum. Semangat luar biasa para guru pun muncul dalam dunia literasi di negeri seribu bahasa ini, di antaranya ditandai dengan kemunculan organisasi Pergumapi (Perkumpulan Madrasah Penulis).

Di Pergumapi, anggota yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia ingin membentuk tonggak sejarah literasi Indonesia. Prestasi demi prestasi terus bermunculan mulai dari pembuatan karya sastra berupa puisi, pantun, sampai penerbitan buku. Menteri Agama pun mulai melirik semangat hebat para guru madrasah ini dengan memberikan dukungan pada penerbitan buku antologi puisi yang sedang dirancang oleh Bidang Penulisan Sastra Pergumapi. Di forum ilmiah tingkat nasional, pengurus sampai anggota Pergumapi mulai bermunculan sebagai narasumber yang menghiasi forum bergengsi itu. Bahkan setiap dua minggu, anggota Pergumapi seantero Indonesia dapat menikmati suguhan kuliah daring dari dan untuk anggota.

Di bidang prestasi ASN (Aparatur Sipil Negara), anggota Pergumapi juga menjadi the best, ditunjukkan dalam lomba ASN Berbudaya Kerja yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul DIY. Lomba ini menggunakan sistem terjun langsung ke lapangan, tim dari Kemenag yang dipimpin oleh Kasubag TU H. Nur Ahmad Ghozali, S.Ag, M.A. menilai satu per satu ASN perwakilan tiap madrasah langsung di madrasahnya. Kerja keras dari tim penilai lomba ASN Berbudaya Kerja selama berbulan-bulan dari semua jenjang madrasah diumumkan dalam apel pimpinan madrasah dan unit kerja Kantor Kemenag pada Senin (22/4) lalu.

Dari para wakil madrasah, terpilih empat orang guru yang menjuarai lomba ini dan dua yang terbaik yaitu juara 1 dan 2 diraih oleh dua Srikandi Pergumapi dari Bantul masing-masing juara 1 Dra. Kholif Diniawati, M.Pd. (MAN 3 Bantul) dan juara 2 Isti Bandini, M.Pd. (MTsN 3 Bantul). Sementara itu, juara 3 diraih dua orang masing-masing Joko Purwanto, S.Pd. (MTsN 5 Bantul) dan Dra. Sufiyati (MAN 2 Bantul). Piagam para juara diserahkan langsung di hadapan para pejabat Kemenag Bantul oleh Kepala Kantor Kemenag Drs. H. Buchori Muslim, M.Pd.I.

Kemenangan dua Srikandi Pergumapi ini bukan merupakan kebetulan tetapi benar-benar karena kerja keras mereka terutama dalam bidang tulis menulis. Kholif adalah penulis berita terbaik untuk guru madrasah aliyah sementara Isti penulis berita terbaik untuk tingkat madrasah tsanawiyah di DIY. Keduanya mendapatkan Publikasi Award dari Kanwil Kemenag DIY tahun 2017.

Ketua Umum Pergumapi, Siska Yuniati, turut merasa senang sekaligus bangga dengan prestasi hebat dua anggota Pergumapi itu. "Bu Kholif dan Bu Isti merupakan contoh bahwa ketekunan menulis bisa mengantarkan para guru meraih prestasi demi prestasi," ungkap Siska.

Prestasi anggota Pergumapi asal Kabupaten Bantul tersebut juga diapresiasi banyak anggota Pergumapi yang lain. Para anggota pun berharap keduanya dapat berbagi pengalaman dengan menjadi narasumber pada kuliah online di Pergumapi Sabtu (7/4/2018) yang akan datang.

Siska yang tahun 2017 juga mendapat penghargaan sebagai ASN berbudaya kerja dari Kemenag Bantul, berharap tradisi berprestasi ini tetap berlanjut. Untuk itu, menurut Siska, anggota Pergumapi perlu saling mendukung agar sama-sama berprestasi sesuai bidangnya masing-masing. (ist)

SHARE THIS

Author:

Akun administrator website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

1 komentar: