Jumat, 16 Februari 2018

Buku: Panduan Praktis Agar Menyusun PTK Menjadi Gampang

Sampul buku Menyusun PTK itu Gampang karya Ameliasari.
Judul: Menyusun PTK itu Gampang
Penulis: Ameliasari T.Kesuma
Penerbit: Esensi, Jakarta
Tahun Terbit: 2013
Tebal: 112
ISBN: 9786027596436

PTK akan menarik jika Guru membutuhkannya, bukan hanya untuk kenaikan pangkat namun lebih pada mempermudah Guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan sebuah metode penelitan kualitatif yang mendorong para guru menjadi reflektif dalam praktik mengajar.

Penelitian tindakan kelas tidak berupaya menemukan apa yang salah namun lebih pada sebuah pencarian pengetahuan bagaimana menjadi lebih baik dalam praktik mengajar di kelas. Begitu pentingnya melakukan PTK ini sehingga Penelitian Tindakan Kelas dijadikan salah satu bentuk karya ilmiah yang dipersyaratkan dalam Penilaian Angka Kredit saat kenaikan pangkat guru mulai golongan III/b keatas.

Sebagian besar guru, merasa kesulitan saat melakukan PTK, padahal sesungguhnya gampang, karena mereka mengalami dan melakukan sendiri aktivitas pembelajarannya di kelas.

Buku ini menunjukkan bagaimana menyusun PTK, mulai dari awal dengan langkah langkah yang jelas dan sistematis. Ditambah penjelasan lengkap mengenai metode pembelajaran, juga link-link inspiratif penambah ide pembelajaran, bagaimana mengajukan PTK kedalam jurnal ilmiah, lengkap dengan alamat dan selingkungnya, juga evaluasi dari tim penilai PTK mengenai kesalahan yang biasa dilakukan saat membuat PTK. Buku ini dilengkapi dengan bonus CD yang berisi laporan penelitian yang sudah dipublikasikan, sehingga membuat penyusunan PTK menjadi lebih gampang. (*)

Ameliasari T. Kesuma adalah guru MAN 1 Salatiga. Tahun 2016 dia menjadi guru berprestasi Kementerian Agama RI tingkat madrasah aliyah dan mendapat kesempatan mengikuti kursus singkat ke Finlandia tahun 2017. Ameliasari juga merupakan anggota Perkumpulan Guru Masdrasah Penulis (Pergumapi).

SHARE THIS

Author:

Akun administrator website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

0 komentar: