Jumat, 16 Februari 2018

Buku: Matahari Bulan Bintang, Kumpulan Puisi untuk Anak Kolaborasi Guru Kulonprogo-Tanah Datar

Oleh Pujarsono, S.Pd.

Judul: Matahari Bulan Bintang - Kumpulan Puisi untuk Anak
Penulis: Desrianti, Pujarsono, dan Swesti Amelia
Penerbit: Lingkar Antar Nusa
Cetakan: Pertama, Agustus 2017
Ukuran Buku: 107 hlm; 14,5 X 21 cm 
ISBN: 978-602-6688-12-5

Buku ini merupakan merupakan kumpulan puisi yang ditulis oleh penulis produktif anggota Komunitas Guru Menulis, yaitu Pujarsono, S.Pd. (Bahasa Inggris MAN 2 Kulon Progo), Destriani, S.Pd., dan Swesti Amelia, S.Pd. Dua nama terakhir adalah guru SD Negeri 20, Kampung Buru, Batusangkar,  Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.


Buku ini diberi judul Matahari Bulan Bintang karena ketiga penyair ini menyuguhkan apresiasi mereka terhadap peristiwa keseharian yang sederhana yang dekat dengan anak serta situasi alam dan lingkungan dalam untaian bait-bait puisi.  Pujarsono dan Swesti Amelia menampilkannya dalam bahasa yang sederhana yang cocok untuk anak-anak. Puisi keduannya bisa diperkenalkan untuk usia taman kanak-kanak hingga sekolah dasar sampai kelas IV.  Sementara itu, puisi Desrianti lebih cocok untuk anak-anak sekolah dasar  mulai dari kelas lima ke atas karena sudah mulai mengajak anak-anak masuk ke dalam refleksi yang lebih dalam. Bahkan beberapa puisinya lebih cocok untuk anak remaja karena menghadirkan konsep yang cukup rumit.

Hal menarik dalam buku kumpulan puisi ini adalah hadirnya beberapa puisi dalam bahasa Inggris yang ditulis oleh Pujarsono. Dengan demikian, buku ini tidak hanya bertujuan memperkenalkan keindahan alam dalam bahasa Indonesia saja, tetapi juga memungkinkan anak untuk merasakan keindahan ekspresi bahasa dalam Bahasa Inggris.

Hadirnya buku ini  diharapkan akan memperkaya khasanah sastra untuk anak-anak usia dini.  Semakin dini anak mengenal keindahan bahasa lewat karya sastra, semakin mereka diberi kesempatan untuk berolah rasa bagi perkembangan pribadi yang semakin utuh.

Pujarsono, S.Pd. adalah guru Bahasa Inggris MA Negeri 2 Kulon Progo dan Ketua Bidang Humas, Informasi, dan Kerjasama Antarlembaga Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi).


SHARE THIS

Author:

Akun resmi pengelola website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

0 komentar: