Bekerja dengan Mbah Google Lebih Menyenangkan

Mei 27, 2020
Rabu, 27 Mei 2020
Ruang Virtual e Supervisi

M. Nurul Hajar
Pengawas MA Kemenag Kab. Sumenep, Anggota Pergumapi

Pergumapi.or.id--Google adalah mesin pencari yang terdepan di dunia. Sebagai mesin pencari, google mengungguli mesin pencari bing, yahoo, dan baidu. Perwakilan google tersebar menyeluruh di dunia. Hampir 80 % pangsa pasar google secara global. Jadi, google menjadi mesin pencari yang mendominasi dibandingkan dengan mesin pencari yang lainnya. Sehingga tidak berlebihan jika google disebut sebagai google is a thing

Google bukan saja sebagai mesin pencari, google memiliki menu dan sub menu yang memudahkan penggunaya untuk melakukan sesuatu sesuai dengan minat dan keperluannya. Misalnya ada menu gmail, berita, maps, you tube dan foto. Dan sejak tahun 2006, google meluncurkan aplikasi G-suite. Aplikasi ini mengintegrasikan beberapa aplikasi yang di buat oleh google cloud. Ada dua G-suite, G-suite untuk pendidikan (G-suite for Education) dan G-suite untuk bisnis (G-suites for Businees). G-suite terdiri atas aplikasi untuk berkomunikasi yaitu gmail, hangouts, dan duo. Drive untuk menyimpan data yaitu data documents, spreadsheet, slide, dan formulir. Dan ada satu lagi aplikas yang banyak diminati oleh guru, siswa dan pemangku kepentingan pendidikan pasca terbitnya surat edaran siswa belajar di rumah, yaitu aplikasi google classroom.

Melalui teknologi G-suite ini, pendidikan mengalami transformasi menuju digitalisasi pendidikan. Ini yang menjadi salah satu tujuan google cloud. Sehingga ketika Covid-19 menyerang Indonesia, siswa belajar di rumah dan guru juga bekerja dari rumah, maka pemamfaatan G-suite sangatlah cocok agar pendidikan tidak tiba tiba mandek atau berhenti. Dengan adanya G-suite untuk pendidikan, guru dan siswa dapat melakukan pembelajaran di kelas virtual menggunakan google classroom. Selain itu, kepala madrasah, karyawan dan guru dapat melakukan meeting menggunakan aplikasi duo. Pengawas madrasah pun dapat juga memamfaatkan G-suite untuk kepentingan pembinaan dan pengawasan.

Bagi pengawas madrasah, G-suite sangat membantu dan memudahkan dalam melakukan tugas sehari hari selama bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Pembinaan dan pengawasan terhadap kepada madrasah bisa dilakukan di ruang virtual menggunakan google classroom. Demikian juga, jika ingin melakukan pembinaan kepada guru madrasah selain menggunakan grup WA, google classroom dapat dijadikan ruang untuk melakukan pembinaan dan melakukan pengawasan akademik. 

Dengan memasukkan semua kepala madrasah binaan ke dalam google classroom, maka pengawas bisa melakukan E-pembinaan dengan cara membuat video pembinaan terlebih dahulu. Kemudian video itu di unggah di classroom. Materi-materi pembinaan juga dapat diunggah pada menu yang sudah disediakan oleh google. Jika mau diskusi, google classroom juga menyediakan ruang yang dapat digunakan untuk melakukan diskusi dengan efektif. Jika ingin mengukur atau mendapatkan balikan dari hasil pembinaan oleh pengawas, pengawas dapat memberi tugas atau kuis kepada kepala madrasah yang sedang mengikuti pembinaan. Demikian juga jika ingin melakukan pembinaan kepada guru madrasah di binaan.

Selian untuk melakukan pembinaan, melalui ruang virtual classroom pengawas dapat menggunakan E-monitoring pengelolaan madrasah dan pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran baik luring maupun daring semuany dapat dilakukan E-monitoring. Ada dua cara melakukan E-monitoring menggunakan classroom. Pertama, google formulir di buat di menu kuis. Kedua, google formulir dibuat di luar classroom yaitu di drive. Setelah google formulir yang memuat item item yang menjadi fokus monitoring selesai, link formulir dikopi kemudian ditempat di menu tugas pada google classroom.

Monitoring dengan menggunakan google formulir sangat mudah, hemat waktu, tenaga dan biaya. Bahkan sekali kirim, dalam waktu tidak lama, satu hingga dua jam, respon dari semua kepala madrasah maupun dari guru sasaran kita dapatkan dengan cepat. Tidak hanya itu, data hasil monitoring sudah masuk secara otomatis ke drive kita. Sehingga data yang di dapat sudah siap diklasifikasi dan dianalisis sesuai kepentingan monitoring. Ini sangat berbeda jika kita melakukan monitoring tidak bersama mbah google. Dalam satu hari, itupun kalau jarak antar madrasah tidak terlalu jauh, monitoring bisa dilakukan di 3 madrasah hingga 4 madrasah perharinya. 

Jadi, melakukan pekerjaan dari rumah dengan memanfaatkan G-suite untuk pendidikan pekerjaan kita lebih mudah, cepat dan akurat. Data sudah siap dianalisis dan dilaporkan. Sehingga pekerjaan kita lebih cepat terselesaikan. Ini menyenangkan. Kita juga dalam waktu hampir bersamaan, disela-sela kita bekerja dari rumah dapat juga melakukan pengembangan diri dengan cara mengikuti workshop, pelatihan atau seminar on line. (*)

Catatan:
Tulisan ini disertakan dalam Lomba Artikel Pergumapi 2020. Panitia tidak melakukan penyuntingan, isi sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Thanks for reading Bekerja dengan Mbah Google Lebih Menyenangkan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

7 komentar on Bekerja dengan Mbah Google Lebih Menyenangkan

  1. Dik Hajar mimang hebat luar biasa sukses terus semoga bermanfaat bagi kita semua Amin

    BalasHapus
  2. Mantap pak...
    Tulisan ini menyadarkan kita, bahwa dalam kondisi yang seperti sekarang, kita masih bisa belajar. Cuma ini butuh pelatihan sebelumnya, terutama bagi yg baru melek internet.

    BalasHapus