Literasi Budaya di Taman Baca MAN Kota Batu Episode 2

Agustus 07, 2018
Selasa, 07 Agustus 2018

Stan literasi MAN Batu
PERGUMAPI.or.id--Minggu, 29 Juli 2018 MAN Kota Batu hadir kembali di tengah-tengah masyarakat Kota Batu dalam kegiatan yang bertajuk "TAMAN BACA MAN KOTA BATU" episode 2. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan literasi baca yang telah dilakukan tanggal 3 Juni 2018.  Berlokasi di sebelah barat Alun-alun kota Batu, tepatnya parking area, kegiatan mulai digelar pada pukul 08.00 WIB

Taman Baca MAN Kota Batu episode 2 sedikit berbeda dengan Taman Baca MAN Kota Batu yang digelar pertama kali. Kegiatan pertama yang digelar pada bulan Juni hanya memiliki satu stand, untuk kegiatan yang kedua kalinya ini terdiri dari tiga stand yaitu stand literasi budaya, stand literasi baca, dan stand mewarna. Tim Literasi MAN Kota Batu berkolaborasi dengan tim karawitan MAN Kota Batu  untuk tampil memainkan gamelan dan perkusi sebagai bentuk literasi budaya.

Grup karawitan MAN Kota Batu pimpinan Bapak Bambang menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung. Kurang lebih 20 personel grup karawitan MAN Kota Batu ikut mendukung acara tersebut dengan memainkan alunan musik lagu-lagu daerah seperti "Rek Ayo Rek", "Prau Layar", dan "Lir Ilir" secara kompak. Dengan demikian kegiatan taman baca kali ini tidak hanya mengusung tema literasi baca tetapi juga literasi budaya.

Sambutan masyarakat terhadap kegiatan Taman Baca Kota Batu episode 2 begitu besar. Hal tersebut terlihat dari antusias masyarakat yang mendatangi stand taman baca. Kurang lebih 200 pengunjung mendatangi stand taman baca. Tidak kalah dengan stand baca, stand mewarna yang berada di sebelah kiri stand baca juga menjadi daya tarik masyarakat yang berkunjung. Stand mewarna lukisan di kain kanvas yang dibimbing oleh Endah, S.Pd. sebagai guru SBK MAN Kota Batu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung terutama anak-anak .

Panasnya sinar matahari tidak menyurutkan semangat Tim literasi MAN Kota Batu untuk terus berkreasi, mengembangkan kegiatan literasi. Tujuan utama kegiatan taman baca ini diselenggarakan adalah untuk membumikan literasi terutama di lingkungan masyarakat Kota Batu. Kegigihan dan kerja keras dari tim literasi membuahkan hasil yang luar biasa, dampaknya tidak hanya dirasakan oleh warga madrasah tetapi juga dirasakan oleh masyarakat Batu yang berkunjung ke Alun-alun Kota Batu.

Dukungan dan sambutan masyarakat terlihat jelas dari daftar hadir yang disediakan oleh tim literasi MAN Kota Batu. Komentar-komentar positif  yang mereka berikan merupakan wujud apresiasi terhadap kegiatan Taman Baca MAN Kota Batu jilid 2. Tidak sedikit di antara mereka yang mengharapkan kegiatan tersebut diadakan secara rutin, bahkan ada pengunjung yang bersedia mendonasikan bukunya untuk mendukung kegiatan tersebut.
Kepala madrasah bersama kru pendukung Taman Baca
Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam tersebut diakhiri pada pukul 10.00 WIB. Kegiatan tidak akan terlaksana tanpa dukungan semua pihak terutama H. Sudirman, S.Pd, M.M. sebagai pengambil kebijakan di MAN Kota Batu. Kehadiran Sudirman pada kegiatan Taman Baca MAN Kota Batu  jilid 2 merupakan wujud nyata dukungan lembaga terhadap kegiatan literasi. Terimakasih kepada Tim literasi MAN Kota Batu, grup karawitan, serta semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut. Mudah-mudahan kegiatan Taman Baca Kota Batu menjadi awal berkembangnya Kota Batu sebagai kota literasi budaya dan kota yang berbudaya literasi. (*)

Thanks for reading Literasi Budaya di Taman Baca MAN Kota Batu Episode 2 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Literasi Budaya di Taman Baca MAN Kota Batu Episode 2

Posting Komentar