Jumat, 11 Mei 2018

Pengurus Pergumapi menjadi Narasumber Bimtek MBS Bagi Kepala Sekolah SMP se-Kabupaten Bandung Barat

Ruba Nurzaman
MESKIPUN seorang guru madrasah, Ruba Nurzaman, Guru MTs Al-Mukhtariyah Rajamandala yang juga pengurus Pergumapi senantiasa dipercaya oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat untuk menjadi salah satu narasumber berbagai bimtek ataupun pelatihan, baik itu untuk kepala sekolah, tata usaha maupun guru yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan KBB. Salah satunya bimtek tentang Manajemen Berbasis Sekolah yang dihelat pada tanggal 2 sampai 4 Mei 2018 bertempat di Villa Lemon. Bimtek tersebut diikuti oleh seluruh kepala sekolah SMP se-Kabupaten Bandung Barat yang berjumlah kurang lebih sekitar 170 kepala sekolah.

Pada kegiatan itu, Ruba didampingi dua narasumber lainn, yakni Asep Iryanto, dosen Universitas Pendidikan Indonesia, dan Suparman, Pengawas SMP Disdik Kabupaten Bandung Barat.



Ruba Nurzaman, Ketua Bidang Diklat Pergumapi pada kesempatan itu membawakan beberapa materi, di antaranya:

Penyediaan Anggaran untuk Pembelajaran. Materi ini diberikan dengan tujuan agar kepala sekolah mampu memahami dan menyediakan anggaran untuk peningkatan proses pembelajaran dengan mekanisme yang sesuai dengan kebutuhan guru.

Peranan Kepala Sekolah. Materi ini dimaksudkan untuk meningkatkan peran kepala sekolah dalam upaya meningkatan mutu pembelajaran, salah satunya dengan melaksanakan Penilaian Kinerja Guru dan diikuti dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru yang salah satunya berfungsi untuk menghidupkan peran MGMP.

Membangun 5R di Sekolah. 5R ini diambil dari 5 budaya kerja yang biasa dilakukan di perusahaan-perusahaan di Jepang yang kemudian diadopsi untuk bisa dikembangkan di sekolah maksud dari 5R itu sendiri yaitu; Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin.

Analisis SWOT. Bertujuan melatih para guru agar memiliki kemampuan untuk menganalisis sekolah baik secara internal maupun eksternal untuk dijadikan rujukan dalam membuat berbagai kebijakan sekolah.

Membangun Visi Sekolah, untuk melatih kemampuan kepala sekolah dalam merumuskan visi dan misi sekolah yang diawali dari evaluasi diri dan analisis SWOT.

Ketua Bidang Diklat Pergumapi yang sudah beberapa kali diundang menjadi narasumber Bimtek MBS yang diselenggarakan Kemenag pusat ini berharap agar semua hasil dari pelatihan bisa diterapkan di sekolah masing-masing, agar pelatihan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit ini hasilnya tidak sia-sia sehingga bisa meningkatkan kualitas sekolah masing-masing yang tentunya akan berimbas pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. (*)

SHARE THIS

Author:

Akun resmi pengelola website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

0 komentar: