Rabu, 07 Maret 2018

Resensi Buku: Wujudkan Impian dengan Cerdas Finansial

Anuk Kuswanti
Guru MTs Negeri 1 Bantul, Anggota Pergumapi

Judul: Buku Harian Anak Cermat Cerdas dan Hemat Solusi Cerdas Finansial Sejak Dini 
Penulis: Naila M. Tazkiyyah
Penerbit: Ihsan Media, Jakarta
Cetakan: I, April 2016
Tebal: 99 Halaman
ISBN: 978-602-70933-6-2

SIAPAKAH yang tidak menginginkan putra-putrinya  tumbuh menjadi anak cerdas? Baik cerdas akademik, cerdas emosi, cerdas religius, bahkan cerdas finansial.

Buku ini merupakan buku pertama yang mengajarkan cara mengelola keuangan sejak dini, sehingga diharapkan terwujud anak-anak yang tidak hanya cerdas akademinya, emosinya, religinya, tetapi juga finansialnya.

Diawali sebuah cerita berjudul “Kisah Fiko dan Fino”. Kisah ini  mengajak anak-anak untuk berpikir,  membandingkan dua cara yang berbeda yang dilakukan tokoh Fiko dan Fino dalam mewujudkan mimpi mereka ingin memiliki sepeda lipat keren. Meminta saja kepada orang tua ataukah menabung dulu? (Halaman 1)

Bagian berikutnya buku ini menjelaskan tahapan mewujudkan mimpi, dilengkapi pula cara menggunakan buku ini bagi anak, maupun orang tua, dan pendidik. Dengan harapan orang tua dapat mendampingi anak ketika memahami dan mengisi buku ini.


Bagian inti buku  ini disajikan dalam bentuk buku harian berupa kolom-kolom yang bisa diisi anak untuk berlatih mengelola keuangannya. Terdiri atas kolom tanggal, pemasukan, pengeluaran, dan sisa uang. Pada kolom pemasukan dibagi lagi menjadi kolom uang saku, hasil usaha, dan hadiah. Sedangkan kolom pengeluaran dibagi menjadi kolom keterangan, kebutuhan, keinginan, dan berbagi. Lebih lengkapnya pembaca bisa mencermati di halaman7.

Buku ini siap digunakan anak selama satu tahun. Dibagi dalam 12 bulan, setiap bulan dilengkapi “Tips Cerdas Keuangan” yang memotivasi anak. Sebagai contoh Tips Cerdas Keuangan 1 “Selalu sisihkan uang saku kalian sebagai tabungan dulu sebelum digunakan untuk hal lain, lebih baik lagi kalau berbagi juga dijadikan prioritas”. Kata-kata dalam tips mudah dicerna anak dan sangat menginspirasi.

Buku ini memang mempunyai daya tarik baca untuk anak, selain kertasnya yang berwarna-warni,  anak-anak diajak untuk mengisi “Games Edukatif” yang dikemas variatif, tidak lepas dari tema keuangan. Selain itu,  bisa menjadi alternatif bagi orang tua dan pendidik dalam mengenalkan pengelolaan keuangan, menabung sejak dini untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka. (*)

SHARE THIS

Author:

Akun administrator website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

0 komentar: