Jumat, 02 Maret 2018

Penerbitan Antologi Puisi Bersama Bertema "Perempuan"

Sukarti (dua dari kiri). Foto: Facebook @karti.nurhadi.
KEDIRI, Pergumapi.or.id--Bidang Penulisan Sastra Pergumapi sedang memproses penerbitan antologi puisi bersama dengan tema "perempuan". Buku ini direncanakan akan diterbitkan bersamaan peringatan Hari Kartini, 21 April 2018.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bidang Penulisan Sastra Pergumapi, Sukarti. Guru MTs Negeri 2 Kediri itu mengungkapkan bahwa seluruh anggota Pergumapi berkesempatan turut serta dalam antologi ini.

"Kami sedang memproses penerbitan antologi puisi Pergumapi dengan tema "perempuan". Seluruh anggota Pergumapi berkesempatan turut menjadi penulis di antologi ini," ungkap Sukarti ketika dihubungi melalui pesan WhatsApp.

Masih menurut Sukarti, pengumpulan naskah dilakukan hingga 15 Maret 2018 pukul 23.00 WIB. Puisi ditulis pada kertas A5, font TNW, serta spasi 1,5. Selain itu, puisi yang dikirimkan belum pernah diterbitkan serta tidak bersifat SARA. Masing-masing penulis bisa mengirimkan maksimal 3 puisi. Untuk pengiriman dilakukan melalui e-mail naskahpergumapi[at]gmail.com.

"Kami undang seluruh anggota untuk terlibat dalam antologi ini. Naskah yang masuk akan dicermati oleh kurator Ahmad Arif Ma'ruf, Ikha Mayashofa Arifiyanti, dan saya sendiri," lanjutnya.

Sukarti mengungkapkan, hingga hari ini sudah ada 18 penulis yang mengirimkan tulisannya. Masing-masing penulisan mengirimkan 1-3 puisi sesuai ketentuan.

Dihubungi terpisah, Ketua Umum Pergumapi, Siska Yuniati, mengungkapkan bahwa ada empat bidang yang langsung mengurusi penulisan di Pergumapi, yaitu Bidang Penulisan Sastra, Bidang Penulisan Media Massa, Bidang Penulisan Buku, serta Bidang Penulisan Bahan Ajar. Khusus penerbitan antologi puisi ini, merupakan program kerja Bidang Penulisan Sastra.

"Antologi ini merupakan program kerja Bidang Penulisan Sastra Pergumapi. Dalam prosesnya, dibantu oleh Bidang Diklat dan Penerbitan," jelas Siska.

Lebih lanjut Siska mengungkapkan, saat ini juga sedang diproses penerbitan buku tentang sertifikasi yang menjadi program kerja Bidang Penulisan Buku serta penulisan buku pendamping untuk mata pelajaran yang diurusi Bidang Penulisan Bahan Ajar. (Humas/RH)

Lihat pula: Pengumuman penulis dan judul puisi terpilih ....

SHARE THIS

Author:

Akun resmi pengelola website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

0 komentar: