Kamis, 22 Februari 2018

Pembelajaran Musikalisasi Puisi melalui Model Pengajaran Langsung

Northbanknow.com

Sukarti

MTsN Kota Kediri II
Jalan Sunan Ampel 12, Ngronggo, Kota Kediri
Pos-el: sukartinhd@gmail.com

Abstrak: Keterampilan membuat puisi/syair serta memberikan irama lagu yang sesuai dengan suasana puisi atau keterampilan musikalisasi puisi bukanlah sesuatu yang mudah. Dalam mencapai tujuan pembelajaran khususnya pembelajaran  musikalisasi puisi, guru dituntut mampu menggunakan metode pengajaran yang tepat. Dalam pembelajaran musikalisasi puisi sangat dipengaruhi oleh kemampuan, pengetahuan, pengalaman dan kreativitas masing-masing guru. Berhubung pembelajaran apresiasi musikalisasi puisi diberikan dengan segala keterbatasan guru, hal inilah yang ditengarai menjadikan hasil yang dicapai dalam musikalisasi puisi kurang maksimal. Melalui metode pengajaran langsung, diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa dalam pelajaran musikalisasi puisi. Tiap-tiap tahap pembelajaran dalam Model Pengajaran Langsung memberi kesempatan siswa untuk ambil bagian mulai dari tahap pemilihan puisi, penentuan suasana puisi, sinkronisasi suasana puisi dengan musik, kegiatan pelatihan, penampilan, dan evaluasi. Dengan Model Pengajaran Langsung, siswa akan termotivasi untuk melakukan kegiatan musikalisasi puisi dengan perasaan senang. Mereka dapat diajak larut dalam pembelajaran tanpa ada tekanan psikologis, tapi justru merasakan kegembiraan.

Kata Kunci: musikalisasi puisi, model pengajaran langsung

Abstract: Poetry-making skill as well as providing appropriate tune that matches the atmosphere of the poetry or musical poetry skills is not an easy task. In pursuit of learning, especially learning musical poetry, teachers demanded to be able to use appropriate teaching methods. Learning musical poetry is strongly influenced by the skills, knowledge, experience and creativity of each teacher. Because learning musical poetry appreciation is given with all the limitations of teachers, which is considered to make the results of musical poetry achieved is not maximum. Through direct instruction is expected to increase the motivation and skills of students in musical poetry. Each stage of learning in direct teaching methods give students the opportunity to take part starting from the selection of poetry, determining the atmosphere of poetry, poetry atmosphere synchronization with music, training, performance, and evaluation. With direct instruction, students will be motivated to perform activities of musical poetry with pleasure. They can be taken deep into learning without any psychological pressure, but instead feeling the excitement.

Keywords: musical poetry, direct instruction

Tulisan ini diterbitkan pertama di Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra (BASTRA) Vol. 3, No. 1, Juni 2016. Download artikel lengkap.

SHARE THIS

Author:

Akun resmi pengelola website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

0 komentar: