Selasa, 13 Februari 2018

Diary Syafa: Menjadi Pribadi Hebat


Minggu, 11 Februari 2018

Hari ini adalah kali kedua saya mengikuti Possitive Class, sebuah kelas yang dibuka seorang musliman yang luar biasa. Dian Fitriaswati, M.Psi., Psikologi.,CHL.,CHA.,C.NNLP., seorang ahli psikologi yang tak henti-hentinya berbagi ilmu tentang psikologi berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Beliau juga dikenal sebagai owner Cafe Psikologi Malang.

Sepulang dari acara tersebut, saya pun jadi gemes. Ingin rasanya berbagi ilmu yang didapatkan walau hanya lewat tulisan sederhana ini. Akan tetapi, sebelumnya jawab dulu dong pertanyaan di bawah ini di kolom komentar ya ....

1. Menurut Anda, apa potensi dan bakat Anda yang bisa dikembangkan dan dimaksimalkan agar bermanfaat untuk banyak orang?

2. Bagi Anda, bagaimana sebetulnya kedudukan laki-laki dan perempuan? Apa peran dan fungsi masing-masing?

3. Sebutkan dan jelaskan apa tujuan hidup anda?
***
Setiap orang pasti menginginkan dirinya menjadi hebat, mendapatkan banyak pengakuan, dan mendapatkan banyak cinta.

Menurut Anda hebat itu seperti apa sih?

Kalau menurut saya sih hebat adalah ketika kita bisa berbagi dan melakukan kebaikan untuk semua orang. Tapi, dari ilmu yang saya dapat dari kelas psikologi ini, hebat adalah ketika kita bisa melampaui batas kebiasaaan seseorang, melebihi standar serta mampu  menggunakan potensi dan bakatnya untuk difungsikan maksimal.

Tidak mungkin, bukan, semua orang akan menjadi arsitek? Tidak mungkin, bukan, semua oarng akan menjadi programer? Nah, maka dari pada itu Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yang unik, makhluk yang terlahir dengan fungsi dan perannya masing-masing. Jadi, kita harus memaksimalkan potensi dan bakat kita masing-masing agar bermanfaat bagi orang lain dan mampu memaksimalkan diri sebagai kholifah dimuka bumi ini, karena orang yang dicintai Allah adalah orang yang bermanfaat bagi lingkungannya.

Menjadi pribadi hebat adalah meraka yang mampu menjadi pribadi positif yang memiliki semangat belajar untuk terus mengupgrade kualitas dirinya. Pribadi hebat berkaitan dengan penemuan jadti diri, yakni mengetahui dan memahami apa peran dan fungsi dia, serta apa tujuan hidup yang ingin dicapai. Penemuan jati diri menjadi hal penting dan yang mengawali bagaimana kita berproses menjadi pribadi hebat, pribadi yang positif.

Penemuan jati diri adalah saat kita tahu apa kelebihan dan kelemahan kita, dengan begitu kita dapat memaksimalkan siri untuk memahami diri kita masing-masing. Penemuan jati diri seharusnya tuntas di masa remaja usia 20-21 tahun. Jika kita melampaui tahapan ideal dalam hidup, maka kita akan memiliki kematangan emosi. Saat emosi itu dikatakan matang, maka kita siap dikatakan sebagai manusia dewasa. Contohnya, saat kita marah kepada orang lain, kita tahu kita bisa melakukan hal tersebut, tetapi kita tidak melakukan hal tersebut karena kita tahu hal itu akan merugikan diri kita sendiri dan kita tetap bersabar.

Bagaimana jika terlambat menemukan jati diri?

Allah sangat menyanyangi hambanya yang terus meperbaiki diri, untuk itu tidak ada kata terlambat untuk menemukan jati diri. Dari banyaknya pengalaman yang kita lampaui, dari ujian dan cobaan yang Allah berikan kepada kita, disitulah sebenarnya Allah memberikan jalan kepada kita untuk menemukan jati diri.
***
Itulah sepenggal ilmu yang saya dapatkan dari Mbak Dian, sapaan akrabnya. Ayo... tetap semangat terus belajar bersama ya... Melakukan hal positif dan kebaikan lainya, karena manusia yang paling positif adalah kita... Ya memang kita yang sejatinya adalah hamba Allah, hamba yang memiliki iman dan islam, bukan yang lain.

Allah janjikan kepada kita kemudahan bagi orang yang mau berbuat kebaikan dalam surat Al-Lail ayat 5-7.

5. Fa-ammaa man a'tha waattaqa
Adapun orang yang memberikan dan bertaqwa

6. Washaddaqa bil husna
Dan membenarkan terhadap kebaikan.

7. Fasanuyassiruhu lilyusra
Maka akan Kami permudah ia kepada kemudahan.

Lets be posiitive....

Oh ya... kalau masih penasaran dengan bakat yang anda miliki, silahkan klik www.temubakat.com dan hasilnya bisa anda kirimkan ke email 4unty.chacha@gmail.com untuk dibacakan hasilnya, serta mengkonfirmasinya ke 082142193993.

Sampai jumpa di Diary Syafa selanjutnya ya...

Syafa'atul Maulida adalah guru MTs NU Pakis. Selain itu, dia adalah pemimpin penerbit MATsNUEPA dan Sekretaris Bidang Penerbitan Pergumapi.

SHARE THIS

Author:

Akun administrator website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

2 komentar: