Jumat, 23 Februari 2018

Buku: Cara Praktis Belajar Bahasa Arab bagi Pemula di Madrasah Aliyah


Judul: Cara Praktis Belajar Bahasa Arab bagi Pemula di Madrasah Aliyah
Penulis: Dian Komalasari, S. Pd.
Tebal: vi, 172.hlm, 21 x 29,7 cm
Penerbit: Pustaka Media Guru
ISBN: 978-602-5429-25-5

BAHASA Arab merupakan bahasa Alqur’an dan juga alat pendukung dalam mempelajari serta  memahami ilmu-ilmu Islam lain, seperti hadits, fiqih, tafsir dan lain sebagainya. Namun, menurut sebagian orang, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang sulit untuk dipelajari, termasuk oleh siswa Madrasah Aliyah. Bahasa Arab masih merupakan “momok yang ditakuti” oleh sebagian besar siswa Madrasah Aliyah, khususnya bagi mereka yang berasal dari sekolah umum (SMP).

Buku Cara Praktis Belajar Bahasa Arab bagi  Pemula di Madrasah Aliyah ini diharapkan menjadi pedoman belajar  mengajar bahasa Arab dan dapat membantu siswa-siswi  Madrasah Aliyah dalam mempelajari bahasa Arab.

Buku ini berisi tentang matrikulasi atau materi–materi dasar pelajaran bahasa Arab untuk siswa Madrasah Aliyah yang tidak berasal dari MI dan MTs. Adapun materi-materi yang dibahas di dalam buku ini sebagai berikut.

Bagian pertama, kata benda atau Isim yang meliputi isim mudzakar (kata benda jenis laki-laki), isim muanats (kata benda jenis perempuan), isim domir (kata ganti orang), isim isyaroh (kata petunjuk), isim maushul (kata penghubung yang artinya yang), na’at dan man’ut (kata sifat dan benda yang diberi sifat), serta kata tanya dan bilangan.

Bagian Kedua, kata kerja atau fi’il yang meliputi fiil madhi (kata kerja lampau), fiil mudhore (kata kerja sedang atau sekarang), dan fi’il amr (kata kerja perintah).

Bagian Ketiga, bacaan (qiroah) dengan materi perkenalan, keluarga, rumah dan kegiatan sehari-hari.

Bagian Keempat, percakapan (alhiwar) dengan materi perkenalan, keluarga, rumah, dan kegiatan sehari-hari.

Penyajian dalam buku ini dibuat semudah mungkin agar siswa dapat belajar mandiri. Karena itu disertai dengan latihan-latihan soal dan makna  kosa kata (mufrodat) .

Dengan penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan disesuaikan dengan tingkat pembacanya, serta penulis yang berprofesi sebagai praktisi di bidangnya, menjadikan buku ini sangat tepat untuk digunakan sebagai sarana belajar (*)

Dian Komalaari adalah guru Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu dan anggota Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi).

SHARE THIS

Author:

Akun resmi pengelola website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

0 komentar: