SFH dan WFH Produktif di Masa Pandemi Covid

Mei 27, 2020
Rabu, 27 Mei 2020


Farida Rahmawati
Guru MAN 2 Kulon Progo, Anggota Pergumapi

Pergumapi.or.id--Pada pertengahan bulan maret, virus corona mulai masuk ke Indonesia. Beberapa orang dinyatakan ODP bahkan ada yang sudah positif. Media massa dan media sosialpun ramai memberitakan tentang bahayanya virus ini. Masyarakat dihimbau untuk melakukan social distancing dan physical distancing. Jaga jarak, jaga kebersihan, pakai masker dan tetap berada di rumah adalah salah satu cara untuk mencegah agar virus ini tidak menyebar kemana-mana. Akhirnya kebijakan pemerintah pada bidang pendidikan memberlakukan sistem belajar dari rumah dengan metode daring atau lebih dikenal dengan SFH (School From Home) mulai dari perguruan tinggi hingga pendidikan tingkat dasar 

Kegiatan SFH dilaksanakan dengan pemberian materi atau tugas jarak jauh dengan sistem online. Guru atau Pendidik memberikan pembelajaran sistem daring dengan menggunakan beragam aplikasi mulai dari zoom, webex meet, google classroom, google form, e learning, sampai pada tingkat yang paling sederhana yaitu melalui WhatsApp Web. Adanya aturan SFH ini diharapkan siswa/mahasiswa akan tetap berada di rumah untuk mengerjakan tugas dengan cara belajar kelompok secara online, bisa dilakukan dengan video call atau telepon bahkan jika jumlah teman yang diajak belajar kelompok lebih dari satu orang bisa dilakukan conference call, sehingga meskipun belajar di rumah tetap bisa berinteraksi dengan teman sekolah.

Selain itu untuk mengurangi kejenuhan bisa mengatur dan menyulap teras samping rumah atau area balkon rumah menjadi tempat belajar yang menarik dan nyaman. Sehingga tempat belajar tidak hanya didalam kamar saja tetapi juga di semua sudut rumah bisa menjadi tempat mencari inspirasi untuk menambah semangat belajar. 

Untuk menjaga agar tetap fokus dalam belajar di rumah dan tidak cepat bosan serta mengantuk maka disarankan mengkonsumsi camilan yang bergizi untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah terserang virus seperti buah-buahan, kacang-kacangan, coklat dll. Selanjutnya pastikan alat tulis, laptop dan gadget yang digunakan untuk media belajar selalu dalam keadaan bersih. Virus Corona dapat menular lewat cairan tubuh seperti keringat. Sangat mungkin kita bisa tertular dari virus corona yang menempel pada benda-benda seperti alat tulis, mouse, hingga gadget. Apalagi jika penggunaanya sering bersamaan dengan orang lain. Sebaiknya semprotkan desinfektan dulu sebelum digunakan dan selalu cuci tangan setiap selesai menggunakan.

Selain SFH aturan lain yang diterapkan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona adalah WFH (Work From Home). Bekerja dari rumah membuat sebagian masyarakat merasa bosan bahkan jenuh hingga stress. Tumpang tindih pekerjaan hingga rasa bosan dapat memicu beban pikiran yang negatif bahkan dapat menimbulkan sakit. Pola hidup yang berubah dari kebiasaan juga menjadi tantangan tersendiri. Terlebih lagi, bagi para orang tua yang harus mendampingi anak-anak selama belajar di rumah. Membagi waktu antara mengerjakan tugas rumah sebagai ibu rumah tangga dan juga sebagai guru bagi buah hati adalah hal yang tidak mudah. 

Bisa berdialog dengan keluarga, melihat suasana rumah, menikmati masakan keluarga, mendampingi dan membersamai anak belajar dan beribadah di rumah merupakan moment langka yang jarang kita alami. Sebagai guru selain memberikan pembelajaran daring, mengolah nilai, masih diberikan kesempatan indah bisa mendidik anak sendiri merupakan salah satu hal yang harus kita syukuri dan nikmati. Meski harus berjibaku dengan setumpuk kerjaan rumah, moment WFH ini harus bisa digunakan untuk pengembangan diri seperti mengikuti seminar online, diklat online dan bergabung dengan komunitas menulis sehingga dapat menghasilkan banyak karya buku. 

Bagi orang yang mempunyai profesi sebagai penyanyi, penyiar radio dan entertainment bisa melakukan WFH dengan membuat konser di rumah, mendesain rumah seperti studio mini, melakukan kegiatan sosial dengan menggali dana untuk disumbangkan kepada masyarakat yang berdampak Covid-19. Adanya Pandemi Covid tak menjadi penghalang bagi kita untuk melakukan hal yang produktif dan kreatif. Tetap bersyukur sambil berdoa agar pandemi ini segera berakhir, smg Allah SWT memberikan gantinya yang lebih baik dan memberikan hikmah atas semua cobaan ini. (*)

Catatan:
Tulisan ini disertakan dalam Lomba Artikel Pergumapi 2020. Panitia tidak melakukan penyuntingan, isi sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Thanks for reading SFH dan WFH Produktif di Masa Pandemi Covid | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

36 komentar on SFH dan WFH Produktif di Masa Pandemi Covid

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Aamiin..
      Sukses jg kagem Pak Koko.. .

      Hapus
    2. Matur nuwun Pak Koko.. πŸ˜πŸ˜πŸ™πŸ™

      Hapus
  3. Joss...jangan nyerah dng keadaan untuk selalu belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Pak...
      Mari bersama-sama menjadi garda depan dibidang pendidikan

      Hapus
    2. Matur nuwun Pak Arif Alfatah.. πŸ˜πŸ˜πŸ™πŸ™

      Hapus
  4. Bagus, sebagai tambahan protokoler cegah covid-19

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak..
      Berjuang bersama melawan Covid untuk Indonesia tercints

      Hapus
    2. Matur nuwun Pak Edy.. πŸ˜πŸ˜πŸ™πŸ™

      Hapus
  5. Bagus,semoga walaupun WFH tidak mengurangi semangat kita utk selalu berkarya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...
      In Syaa Allah bunda...
      Belajar, bekerja dan beribadah serta betkarya di rumah bersama keluarga.

      Hapus
    2. Matur nuwun Bunda Esti.. πŸ˜πŸ˜πŸ™πŸ™

      Hapus
  6. Tetap semangat dengan SFH dan WFH..
    Berkarya tiada henti.

    BalasHapus
  7. Terus menulis terus berkaryaπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  8. selalu produktif meski dari rumah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. Tempat tak menjadi penghalang untuk berkarya dan produktif

      Hapus
  9. Mantap, berkarya dalam rangkaian kata2 penuh faedah,

    BalasHapus
  10. Bagus,bisa untuk mengganti kebosanan dalam masa WFH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali.. .
      Bisa dicoba tipsnya yg ada dlm artikel. ..

      Hapus
    2. Sip walaupun WFH tetap produktif dan tetap semangat.

      Hapus
    3. In Syaa Allah...
      Trima kasih...

      Hapus
  11. Hebatt .. guru bagaikan Dalang .. gak pernah kurang lakon
    Guru multi talenta .... Dimanapun tetep bisa bekerja dan mengerjakan semua pekerjaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...
      Semangat Bpk/ibu guru semua..
      Kita bagian dari garda depan bidang pendidikan dlm menumpas covid-19

      Hapus
    2. Matur nuwun bunda Siti Muslimah.. πŸ˜πŸ˜πŸ™πŸ™

      Hapus
  12. Teruslah berkarya. Semoga menjadi inspirasi dan motivasi orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah..
      Salam fisika cerdas... 😍😍

      Hapus
  13. Bagus, Bu. Semoga pandemi segera berakhir.

    BalasHapus
  14. Betul banget .. Pada masa pandemi seperti ini orang-orang yang bisa mengambil hikmah lah yang beruntung, dengan memanfaatkan kesempatan untuk berkarya dan tetap produktif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah... Smg bs tetap produktif dimasa pandemi.

      Hapus
    2. Matur nuwun mba Isna. . 😍😍

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus