Tiga Anggota Pergumapi Ikuti Kegiatan Calon Instruktur Nasional Guru Ekonomi MA

Maret 13, 2019
Rabu, 13 Maret 2019
Peserta diklat berfoto bersama narasumber dan panitia.

PERGUMAPI.OR.ID--Waktu menunjukkan pukul 22.30 WIB, moderator beberapa kali mengingatkan bahwa alokasi waktu telah habis. Namun bapak ibu peserta Kegiatan Penyiapan Calon Instruktur Nasional, masih asyik dan antusias bermain Trade Game Akuntansi Perusahaan Dagang. Trade game ini merupakan best practice inovasi pembelajaran karya Amelia T. Kesuma, juara 1 Guru Berprestasi  Kemenag tahun 2016. Amelia juga merupakan anggota Pergumapi (Perkumpulan Guru Madrasah Penulis). Dalam kesempatan ini ada tiga anggota Pergumapi yang turut serta, yaitu Amelia T. Kesuma S.E, M.M. dan Susiana Manisih M.Si. selaku narasumber serta Sri Narwanti, S.Pd. anggota Pergumapi asal DIY.

Kegiatan Penyiapan Calon Instruktur Nasional Guru Ekonomi dilaksanakan pada tangga 12-15 Maret 2019 bertempat di Bogor Valley Hotel. Kegiatan ini diikuti oleh guru Ekonomi MA dari 20 provinsi di Indonesia.

Penyiapan calon instruktur nasional mata pelajaran ekonomi dimulai dengan memberikan pretest untuk seluruh peserta, selanjutnya diisi dengan berbagai materi untuk meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik. Adapun materi yang disampaikan adalah pembelajaran Abad 21, program prioritas pendidikan Islam guru madrasah, pendalaman materi konsep ilmu ekonomi mikro dan makro, sharing best practice pembelajaran ekonomi, pendalaman materi konsep ekonomi syariah, explore dan pembahasan soal KSM/OSN, profil guru untuk siswa milenial, literasi finansial, dan strategi peningkatan guru madrasah.

Susiana Manisih selaku narasumber sekaligus penanggungjawab kegiatan menyampaikan, tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah penguatan konsep materi ekonomi, peningkatan penguasaan  pedagogik pembelajaran ekonomi sesuai  tantangan abad 21, serta untuk mencari Instruktur Nasional Mata pelajaran Ekonomi. Dengan pemateri dari UI, Tri Sakti, ketua AGEI, Najeela Shihab, serta para Guru Berprestasi Kemenag. Harapannya tujuan penyiapan calon instruktur nasional dapat tercapai, sehingga mampu meningkatkan proses pembelajaran mata pelajaran ekonomi MA di seluruh wilayah Indonesia. (hum)

Thanks for reading Tiga Anggota Pergumapi Ikuti Kegiatan Calon Instruktur Nasional Guru Ekonomi MA | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Tiga Anggota Pergumapi Ikuti Kegiatan Calon Instruktur Nasional Guru Ekonomi MA

Posting Komentar