Kamis, 08 Maret 2018

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Sederhana Siswa Kelas IX MTs Negeri Cepogo


Oleh Suharmi
Guru MTs Negeri Cepogo, Anggota Pergumapi

Latar Belakang

MTs Negeri Cepogo adalah madrasah yang terletak di Desa Gunungwijil, Bakulan, Cepogo, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Jumlah siswa keseluruhan adalah sebanyak 623 untuk siswa kelas 7, 8, dan 9. Pada tahun pelajaran 2016/2017 ini, terdapat peningkatan jumlah siswa sehingga kelas paralel kelas VII bertambah 1 sehingga menjadi 7 paralel.

Sebagian besar siswa MTs Negeri Cepogo berasal dari lingkungan sekitar madrasah, namun tidak sedikit pula yang berasal dari daerah yang letaknya relatif jauh seperti Selo, perbatasan Magelang dan sebagainya. Bagi siswa yang tergolong jauh, perjalanan ke sekolah ditempuh mulai dari berjalan kaki, antar jemput, naik kendaraan sendiri, sampai yang sekaligus mondok di area sekitar madrasah.

Para wali murid yang kebanyakan merupakan penduduk asli, sebagian besar merupakan petani atau pekerja dengan tingkat pendidikan rata-rata yang tergolong rendah bahkan memprihatinkan. Namun demikian, animo masyarakat yang tinggi untuk menyekolahkan anaknya di madrasah demi membekali anak dengan ilmu agama dan akhlak selain ilmu umum, merupakan amanah besar yang harus disyukuri dan ditindaklanjuti. Rendahnya tingkat pendidikan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, banyak mempengaruhi sikap dan cara siswa mengaktualisasikan diri dalam kegiatan pembelajaran.

Khusus dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas, secara spesifik, kurangnya kemampuan aktualisasi diri siswa salah satunya dapat dilihat dari masih rendahnya kemampuan menulis siswa. Sebagai aspek kebahasaan yang harus dikuasai, hal tersebut merupakan permasalahan penting. Jika tidak ada upaya penyelesaian maka tujuan utama pembelajaran bahasa Indonesia tidak akan dapat tercapai dengan baik. Oleh karena itu, maka dibutuhkan strategi khusus yang diharapkan akan meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IX MTs Negeri Cepogo.

Untuk penelitian tahun pelajaran 2016/2017 ini, penelitian dilakukan dengan subjek penelitian siswa kelas IX MTs Negeri Cepogo. Hal ini dilakukan untuk lebih mengetahui secara nyata hasil upaya peningkatan kemampuan menulis siswa melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam materi menulis karya ilmiah sederhana.

Baca file lengkap ...

SHARE THIS

Author:

Akun administrator website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

0 komentar: