Jumat, 09 Maret 2018

Buku: Jakarta Banjir Bunga

Judul: Jakarta Banjir Bunga
Penulis: Pujarsono
Penerbit: Kamboja Merah Publishing
Cetakan: I, Agustus 2017
Ukuran: 14,5 x 20 cm; 88 hlm.
ISBN: 978-602-6734-21-1

Banjir bunga di Jakarta
Akan bercerita banyak
Tentang pembentukan opini publik
Tentang ucapan-capan  selamat
Tentang hujatan-hujatan
Sebagai cermin tentang keadaan kehidupan
Tak usah bingung saudaraku
Tak usah juga risau
Dengan membuat opini dan spekulasi
Sebab nurani tak pernah berkhianat
Lihat dan ejalah dengan hati
Mudah-mudahan kau paham dan mengerti

Puisi di atas merupakan penggalan puisi berjudul “Jakarta Banjir Bunga”  karya dalam antologi puisi Jakarta Banjir Bunga. Buku ini merupakan antologi tunggal  kedua Pujarsono (Guru Bahasa Inggris MAN 2 Kulon Progo. DI Yogyakarta). Buku ini merupakan salah satu buku sastra divisi Amaterasu yang ikut dipamerkan dalam Ubud Writers and Readers Festival  tanggal 25-29 Oktober 2017 di Ubud Bali.

Jakarta Banjir Bunga merupakan salah satu sajak ekspresionis kebangsaan yang diabadikan oleh Pujarsono dalam buku antologi puisi saat Balai Kota Jakarta dibanjiri karangan bunga setelah keputusan sidang atas Ahok, Gubernur Jakarta, atas dakwaan penistaan agama Islam dalam pidatonya yang disampaikan di Kepulauan Seribu. Puisi yang lain berjudul "Kebinekaan", "Bhineka Tunggal Ika", "Banjir Fitnah", "Dua Nasehat Asyibli", serta beberapa judul puisi lain melengkapi sajak kebangsaan dalam buku ini.


Buku ini berisi 57 judul puisi yang sebagian besar berisi harapan, pengalaman, kepedulian, dan keprihatinan yang dialami dalam kehidupan keseharian penulis sebagai seorang guru madrasah.

Pujarsono, S.Pd., Guru Bahasa Inggris dan Kepala Perpustakaan MAN 2 Kulon Progo, D.I. Yogyakarta, Ketua Bidang Humas Informasi, dan  Kerjasama Antarlembaga Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi).

SHARE THIS

Author:

Akun administrator website Perkumpulan Guru Madrasah Penulis.

0 komentar: